By-AN

“sejak kapan?”, “sejak dua tahun lalu…” sempat curcol semalem ama temen kantor, cowok lagi…cowok lagi… dia sempat tanya “kapan terakhir pacaran?”. “pyuufff!!” sering liat di time line, kalo jomblo adalah pilhan, benarkah? tapi keknya kehidupan asmaraku hanya berakhir pada pertemanan, friend zone here!!!.  Ato aku telah terkena kutukan perawan tua buruk rupa saat aku berumur 7 tahun, dan baru kualami saat umurku menginjak 24? Belum tua-tua amat kok! Jangan tertawa dong….karena kalian akan buat aku chedih. Keknya mulai dari SD hormon testosteronku berproduksi berlebihan dalam tubuhku. Nia, Cuma dia satu-satunya temen cewekku yang paling deket… bukan temen juga sih, lebih tepatnya sepupu, selebihnya? “Dony, Riyan, Riko, Nanda, Dion….”

Image

 “byan itu lumayan loh dan ada inner beauty juga kalo aku liat, tapi perlu sedikit ditambah ramuan kekemayuan” komen manis dari albi, cowok manis darah padang yang duduk pas disamping cubicle ku dikantor. “baru kali ini gw denger cewek ngomong asal-asalan kek gitu selama gw idup!!, ya elu sis!!” komen lain lagi dari cowok yang hampir 70 persen dari percakapannya sehari-hari dihabiskan menggunakan bahasa linggis pake aksen british, padahal managerku yang aslinya wong londo gak gitu2 amat ngomongnya.. dasar dia aja yang lebayatun sangat. Yang jelas kondisiku belum berubah, tetap menjadi gadis paling ayu nan kemayu diantara para teman laki-lakiku. *tepok jidat*.

“udah ah.. gw cabut! Eneg gw denger kalian ngomongin si lintang mulu!”, ketus suaraku membuyarkan saut-riuh lelaki-lelaki girang ini. Hentak langkahku tegas mengalun menjauhi kerumunan mereka… “eh, mau kemana?, jadi ikutan gak nih tar malem?” suara dion sempat menghentikan langkahku sejenak. Dan langsung kujawab dengan penolakkan.. penolakkan lagi. Setidaknya ini yang ketigakalinya acara hangout mereka dengan ketiadaanku menyertai. Entahlah, siapa yang berubah… aku, atau mereka. Sejak kedatangan karyawan baru itu, semua kondisi berasa aneh, semua sudut kantor berasa bergerak mendekat. Menghimpit hingga makin sempit saat semua bibir-bibir manis tanpa mengenal waktu dan tempat sempat-sempatnya melantunkan dialog tentang dia… dia dan dia lagi.

Sudah seminggu gw murung terus, gak tau apa perihal terjadi dalam hati…  seolah-olah hidup sendiri tanpa seorangpun perduli. Oke fine!, gw cemburu, iri, jealous atau apalagi istilahnya.. semua perhatian yang dulunya milikku jadi miliknya, semua kekaguman yang dulunya dinobatkan kepadaku berbalik arah jadi haknya, semua laki-laki yang sudi mendengarku dulu kini enggan lagi mengorbankan telinganya untuk ceritaku. Aaaarrrrgggh!!. Terus gw mesti gimana? Aselinya tampangnya gak cantik-cantik amat kok, bisa diadulah ama gw.. tapi apa gerangan dibalik kharismanya. Preeet!

                “Saat masa berlalu… berlalu pula kenangan, kebersamaan, dan cinta kasih. Hentikan masa!, hanya milik Tuhan kuasa itu”.  Ceritanya gw lagi galau nih… mood naik turun, jari-jemari gak bosen-bosen ngetwit perihal hati, perasaan, dan antek-anteknya. Kalo ada pemilihan ratu galau sejagat, gw dengan ikhlas hati untuk mendaftarkan diri. Sejenak terbersit dalam hati, “kenapa gw kek gini yak?!, mereka kan Cuma temen, gak lebih.. memang sih ada beberapa orang diantara mereka yang gw suka… tapi kan mereka juga punya hak buat memilih dan menentukan dimana, dengan siapa, bagaimana waktu mereka dihabiskan. Come on byan! Move on!, bego’ nya gw, kenapa gw baru sadar sekarang yak?. Ternyata selama ini gw egois banget… ya ampun gusti….

                “Be flexible, jadilah pribadi yang menyenangkan.. “

                “menyenangkan… tak hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain”

                “Pribadi yang manis bak gula, bakal banyak semut yang mendekati”

                Beberapa bait kalimat kramat masih sempat gw layangkan di timeline twitter sebelum beranjak menuju mimpi. Gw niatkan dalam hati untuk mulai memperbaiki sesuatu yang perlu diperbaiki, menyadari bahwa selama ini gw sedikit keliru… gw ingin nikmatin hidup,,, tapi bukan dengan yang seperti ini.

                Sudah  tiga bulan ini gw sedikit melakukan renovasi hati dan emosi, mencoba menghormati segala pandangan, memulai untuk mendengar dan memberi solusi, memperbaiki dan memanfaatkan moment yang ada… banyak perubahan yang dirasa memang… banyak tawa-canda bahagia yang sudah dilewati… hidup memang seperti inilah adanya…

                “Dzzzzz…. Zzzz….” Getar suara BBM masuk dari Dakota hitam milikku. “ gw udah dibawah”. Kubaca sekilas tanpa sempat kubalas BBM dari nata, teman yang baru seminggu ini masuk kantor. Udah ah,,.. gw mau jalan ama doi. Tar kita sambung lagi.

                                                                                                                          Byan’s Diary.