Untitled

          “bukan karena cinta yang salah, atau keadaan yang tidak memihak… atau masa yang datang tidak tepat, tapi ini bicara masalah takdir… nasib dan garis hidup yang sudah ditentukan… ditentukan oleh sang maha mengetahui segala hal, hal baik dan hal yang buruk, baik yang lalu… yang sedang bahkan yang akan terjadi”

Sore menjelang malam di Palembang.

                “kenapa lo mau nikah ama cowok ini?, secara fisik… setahu gw… dia gak masuk criteria cowok yang lo idam-idamkan dulu”

                “udah lah fian, gw gak munafik bicara soal cinta,.. sekarang gw mikirnya logika aja,.. nikah, hidup mapan… masalah cinta, itu bisa datang belakangan… asalkan dia cinta ama gw… itu udah cukup buat gw… cinta gw ke dia bakal tumbuh seiring berjalannya waktu… itu saja”.

                Pembicaraan ini antara gw dan teman dekat gw sewaktu kuliah di Palembang, satu minggu setelah libur lebaran dan satu bulan sebelum pernikahan mereka. Kita ketemuan, ngobrol, makan, canda-candaan…. Dan berbagi cerita dan kenangan masa lalu. Cantik, putih, mantan model local, berkarakter, high prestige, selera humor bagus, dari keluarga mapan dan terpelajar… ini bener-bener kondisi dia tanpa adanya mark-up sama sekali… setidaknya gw kenal sama bokap dan nyokapnya. Gw speechless ama stetmen dia barusan… bisa-bisanya dia tumbuh sedewasa ini… wajar aja sih.,,  hampir tujuh tahun tak bersua… physically, dia tanpa adanya perubahan dengan yang dulu tetap sempurna dan periang… tapi dari dalam…. Dia adalah wanita yang amat sangat berbeda dengan dia yang kukenal dulu. Wanita memang aneh, berani betul dia mengambil keputusan sebesar ini dalam hidupnya… tanpa didasari rasa kasih sayang yang bisa dibilang kurang banyak untuk memenuhi hari-hari berbeda yang akan dia rasakan sebulan kemudian.

                gw gak yakin dia bakal bertahan ama nih cowok… bukan mendoakan hal yang buruk, tapi mudah-mudahan tak terjadi hal yang buruk terhadap mereka berdua.

                “Pi, jadi ketemuan gak… sesuai dengan obrolan kita kemaren… ditempat biasanya kita ketemu…”

                Lepas lewat enam bulan pernikahan mereka… gw balik ke Palembang dari jakarta. Ada pernikahan sepupu di kampung… mumpung pulang, sesempatnya mampir dan jumpa dengan teman-teman lama. Pesan itu tepat kukirim pukul 05.00 pm. Dan kuterima balasannya satu setengah jam setelahnya.

                “sorry fian, gw gak bisa ketemuan… kalo Cuma berdua doang… suamiku lagi diluar kota… gak enak kalo diliat orang…”

                Well, sekali lagi gw angkat topi… suaminya beruntung mendapatkannya.

Cerita yang lain dari Jakarta,

                Gw heran… kenapa sebuah hubungan special dibuat, jika sudah tau bakal takkan bersama dikedepannya… gak ada yang salah dari sebuah rangkaian kehidupan… Cuma kelemahan gw yang membawa gw bertanya, heran, dan takjub kepada yang namanya perempuan, hingga jari tangan ini bersihkeras pengen ngetik… otak pengen merangkai kata… meskipun mata udah tak sanggup terbuka.

                “pernikahannya berjalan meriah loh mbak, tapi ceweknya gak secantik kamu kok! Seriusan!…” stetmen lancang yang gw anggap sebagai lelucon ini ternyata telah menyakiti hati dan perasaannya.

                “lo siiiih… ngomongnya kek gitu… dia marah kan jadinya!..” seorang teman wanita yang lain serta merta menyalahkan gw seketika itu juga….

                “mbak, sorry yaa.., tentang yang tadi… sumpah demi apa…. Gw tadi niatnya Cuma becanda doang kok… gak maksud apa-apa… “ layangan permohonan maaf gw, langsung gw sampaikan via internal message sehabis makan siang.

                Well, sejatinya wajar sih kalo gw heran… masalah perasaan dan hati cyiinn… susah boo, dideskripsikan. Masalahnya gossip kedekatan mereka itu udah melalang buana membahana seantero kantor… menurut gw juga mereka adalah pasangan paling serasi ditahun naga… nah, kok tiba-tiba si cowok ngasih undangan pernikahan yang gak ada nama si-mbaknya… hayooo… bingung kan loo….. gimana perasaannya yaaa…. Apalagi pas gw kecengin waktu itu.

Sekali lagi gw angkat topi… masih speechless ampe gak berkedip kalo mbahas masalah hati perempuan. Tegar bagai karang.

             

Tinggalkan komentar